Life Crisis

Sudah sering kali saya mendengar diri saya sendiri, teman-teman saya, teman kerja, saudara maupun orang-orang yang baru saya kenal mengeluh mengenai krisis di usia yang muda, mengenai hidupnya yang tidak pernah untung, yang sangat membosankan dan penuh dengan hal-hal yang tidak menarik. Dan ini tidak hanya diucapkan oleh orang-orang yang masih muda ataupun sudah berumur, tetapi semuanya. Saya pun telah melaluinya. Sewaktu saya masih remaja, saya selalu berpikir bahwa orang lain tidak tahu betapa susahnya menjadi seorang remaja, dan faktanya, sekarang pun hidup tidak menjadi lebih mudah bukan? Saya banyak mencari jawabannya di berbagai buku dan orang-orang yang saya temui, dan akhirnya saya pun bertemu dengan teman baru saja Jason Tse dari Hong Kong, yang memberikan saya inspirasi baru.

Katanya, gak heran kalau banyak orang di usia 20 tahunan menjadi bingung dan tidak tahu arah ataupun tujuan. Ini tidak lain karena seumur hidup kita, kita sudah tahu dengan pasti apa yang akan terjadi dengan kita. Dari TK masuk SD, dari SD ke SMP lalu SMA dan kuliah. Sewaktu kita di SD, kita sudah bisa membayangkan hidup di SMP, di SMP yang mana, memakai seragam apa dan hal-hal yang dilakukan. Sewaktu SMP, SMA pun sama. Kita bisa betul-betul membayangkan bagaimana kehidupan kita setelah saat itu dan tidak pernah ragu bahwak kita pasti lulus, walaupun mungkin bukan di tahun yang sama. Walaupun kita gagal, kita tahu kok bahwa itu tidak mengapa, ini cuma sekolah. Tetapi, ketika kita lulus kuliah, kita mulai ragu atas kehidupan kita dan menanyakan berjuta-juta pertanyaan. Sekarang mau apa? Kerja apa? Dimana? Berapa lama? Terus ngapain? Kapan menikah? Dengan siapa? Saya mau digaji berapa? Ini pertama kalinya kita tidak bisa membayangkan kehidupan seperti apa yang kita benar-benar inginkan. Perjalanan ini seperti naik kereta yang tidak memiliki tujuan, dimana kita mungkin senang di jam-jam pertama, tetapi selanjutnya bosan. Itu sebabnya banyak yang depresi. Termasuk saya🙂

Saya juga mendengar banyak orang yang mengatakan bahwa mereka menginginkan bisnis sendiri, tetapi tidak tahu apa, ingin pindah kerjaan, tetapi gak tau kemana, ingin memiliki hubungan yang baru tetapi tidak berani. Kita mencoba mengambil lebih banyak tanggung jawab, tapi banyak menjauhi tanggung jawab lainnya. Ingin memiliki cinta yang indah, tetapi selalu sakit hati. Saya sudah mencoba berbagai cara untuk benar-benar mengetahui apa yang sebenarnya saya inginkan dalam hidup ini, saya hampir mencoba segalanya. Tanya teman-teman saja, saya sudah pindah banyak sekali pekerjaan dalam waktu 8 tahun, bertemu banyak sekali orang, membaca berbagai macam buku, datang ke seminar-seminar, selalu mencoba sesuatu yang baru minimum satu kali yang akhirnya membawa saya ke hari ini.

Saya tahu saya dan Anda bukan satu-satunya yang memiliki banyak masalah di dunia ini. Saya telah kesandung, jatuh, terguling, tertabrak, terserempet berbagai hal. Saya telah melakukan banyak kesalahan. Saya banyak tertawa dan menangis. Saya telah melalui depresi dan kebahagiaan semata. Yang semuanya sekarang bisa saya nikmati benar-benar. Yang saya pelajari dari perjalanan ini banyak sekali, yang saya ingin bagi dengan Anda semua, yang saya harap bisa berguna.

Tidak ada ramuan rahasia bagaimana saya bisa mengatasi berbagai krisis dalam hidup saya, semuanya sudah tertulis di berbagai agama, buku dan seminar, dan ini sedikit ramuannya.

1. Mulailah dari 0

“Isilah gelas Anda bila kosong, Kosongkan bila penuh,
Jangan pernah membiarkannnya kosong ataupun penuh”
– Proverb

Benar-benar tanggalkan semua yang Anda ketahui, yang Anda tolak dan semua energi negatif yang ada dalam diri Anda. Anda tidak akan pernah dapat mempelajari hal-hal yang baru bila Anda tidak membiarkan diri Anda untuk melakukannya. Seperti Anda tidak bisa mengisi gelas Anda dengan air yang lebih segar bila gelas itu masih penuh; siapkan tempatnya dan buka pikiran Anda, jangan langsung beprakiraan negatif. Bila Anda menemukan sesuatu yang baru, jangan ditolak langsung, coba dengarkan dengan baik, bangunlah kepekaan dan terimalah karena hal itu mungkin berguna untuk Anda suatu hari nanti

2. Pelajari Hukum-hukum Universal (Laws of Universe)

“Bila Anda mengejar legenda pribadi Anda, maka seluruh alam akan berkonspirasi dengan Anda untuk menjadikannya kenyataan.”
– The Alcemist, Paulo Coelho

Banyak sekali hukum-hukum universal yang Anda bisa pelajari seperti Hukum Ketertarikan (Law of Attraction), Hukum Polaritas (Law of Polarity), Hukum Kreasi yang Disengaja (Law of Deliberate Creation), Hukum Membiarkan (Law of Allowing), Hukum Kecukupan dan Lebih (Law of Sufficiency and Abundance) dan masih banyak lagi. Saya akan mencoba membahas hukum-hukum ini di lain waktu agar lebih mudah dimengerti. Intinya, hukum-hukum ini disebut hukum universal karena seperti Hukum Gravitasi ia berlaku di setiap situasi yang kita lalui.

3. Ambilah Tindakan!

“Mengetahui saja tidaklah cukup; kita harus mengaplikasikannya.
Menginginkan saja tidkalah cukup; kita harus melakukannya.”
– Johann Von Goethe

Dengan sejalannya surat-surat ini, saya akan benar-benar mencoba untuk berbagi dengan Anda langkah-langkah yang bisa kita lakukan bersama untuk melalui berbagai masalah ataupun krisis yang ktia sedang alami dengan benar-benar mengaplikasikan hukum universal tersebut ke dalam kehidupan kita sehari-hari. Adapun hal-hal yang akan kita lakukan adalah:

  • Mempelajari Hukum Universal
  • Dasar meditasi
  • Keinginan: Saya akan mengubah hidup saya
  • Menentukan tujuan hidup
  • Menentukan visi, misi dan nilai-nilai
  • Mengaplikasikan nilai-nilai dalam kehidupan sehari-hari
  • Tantangan
  • Rencana Tindakan 60 hari

Saya akan melakukannya bersama dengan Anda dan kita lihat dalam waktu 2 bulan apakah semua hukum dan program-program ini berguna untuk saya dan Anda. Saya sudah mencobanya sebelumnya, tetapi tidak ada salahnya kita sekarang mencobanya bersama-sama. Anda tidak akan kehilangan apa-apa hanya untuk mencobanya, hanya kemungkinan untuk memiliki hidup yang lebih menyenangkan dan indah.

Leave a Reply

